Mengajukan Sertifikasi bagi jabatan guru diawali dengan menyusun penilaian portofolio, hal ini merupakan dambaan guru karena lulus surtifikasi merupakan jembatan bagi guru untuk mendapatkan pembayaran tunjangan profesi. Kegiatan ini merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi mereka yang pandai bersiasat dan rajin mengumpulkan data-data pendukung ( meskipun kadang-kadang harus berbuat keluar dari “pakem”) sehingga dapat lolos dengan baik saat mengajukan penilaian Portofolio, tetapi merupakan hal yang kurang menggembirakan bagi kita-kita yang harus melaksanakan diklat alias PLPG ( pendidikan dan latihan profesi guru ). Padahal di saat mengikuti PLPG kita mendapatkan sesuatu yang sangat penting untuk peningkatan karir guru dimasa datang, karena kita mendapatkan materi berupa : Pengembangan professional guru, teori – teori pembelajaran inovatif, Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) , Assesment ( penilaian ) , dan sekelumit tentang materi khusus sesuai dengan mata pelajaran kita, yang semua materinya disampaikan dalam bentuk praktek dan teori.
Pada awal pelaksanaan PLPG kita selalu diberikan motivasi untuk selalu tabah dan menerima apa yang terjadi pada kita yaitu mengapa harus PLPG? Karena hasil pengumuman Portofolio kita rasakan adanya beberapa ketidak-adilan ( ternyata itu hanya perasaan kita saja karena panitia sudah bertindak sangat hati-hati dan penuh keadilan ). Hari kedua kita masuk kedalam pelaksanaan ternyata banyak tugas-tugas yang diberikan kepada kita yang bertujuan untuk merefresh kita agar dalam pemberian materi disekolah kita tidak hanya praktisnya saja tetapi harus selalu menyampaikan konsep yang benar kepada siswa kita. Hal ini kita laksanakan sehingga menginjak hari yang kelima dari pelaksanaan PLPG.
Memasuki hari keenam kita PLPG, kita direfresh kembali tentang cara mengajar yang menggunakan metode – metode belajar yang mengaktifkan siswa dengan melaksanakan Micro teaching, saat itu kita sudah terbagi dalam beberapa kelompok kecil yang masing-masing kelompok berjumlah 10 peserta. Pada pelaksanaan micro teaching banyak sekali hal-hal yang membuat kita bersemangat untuk mengembangkan apa yang kita dapat dan ingin segera menyampaikan kepada anak didik kita. Lelah memang……. tapi dilaksanakan dengan sepenuh hati dan dengan senang hati maka 2 hari pelaksanaan micro teaching dapat terlampaui dengan menyenangkan.

Yang menarik di PLPG ?
Jika kita mendapatkan materi tentang materi pembelajaran di sekolah maka kita akan merasa jenuh dan jemu. Tetapi dalam pelaksanaan PLPG kita mendapatkan sesuatu yang memberikan motivasi kepada kita sebagai seorang guru. Kita senantiasa diberi motivasi untuk menjadi pendidik yang unggul, yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

TheBest Appearance/Performance
The Best Attitude
The Best Achievement

Harapan dari PLPG.

PLPG memberikan motivasi seorang guru untuk menjadi guru Agung seperti yang di sampaikan oleh jurnalis kondang ” WILLIAM ATHUR WARD ”

• Guru yang biasa, berbicara
• Guru yang bagus, menerangkan
• Guru yang hebat, mendemonstrasikan
• Guru yang agung, memberi inspirasi
( Materi Pembekalan Oleh Prof. Dr. H.M. Furqon Hidayatullah MPd. )

Sebagai penutup tulisan ini kami sampaikan harapan dari pelaksanaan PLPG sebagai berikut “ PLPG akan tidak berarti jika pengalaman yang sangat baik ini tidak disertai dengan Pengamalan “. Disamping itu penulis mengajak kepada semua Guru yang telah dan akan melaksanakan PLPG untuk dapat mengimplementasikan hasil PLPG.

Ditulis oleh:
Toto Subagyo
Guru SMK N 1 Mojosongo
Telp. 08886758906