Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Oleh sebab itu selain tugas-tugas tersebut masih banyak tugas guru yang lain yang berkaitan dengan tugas dan fungsi profesi guru dalam kerasulan dan kewahyuan yang antara lain adalah : membimbing generasi muda untuk menemukan jatidirinya dalam peran sebagai khalifah di muka bumi; membimbing kearah pencerahan dan jalan lurus serta membangun peradaban manusia.

Sehubungan dengan tugas tersebut maka guru dituntut untuk menguasai kompetensi pendidik yaitu kompetensi Paedagogis, kompetensi Kepribadian, kopetensi Profesional dan kompetensi Sosial.

Dalam kenyataannya tidak sedikit guru yang kurang menguasai kompetensi tersebut, sehingga dalam melaksanakan tugasnya terkesan kurang baik. Oleh karena itu perlu kiranya kita kupas sampai seberapa jauh kompetensi-kompetensi itu harus dikuasai oleh guru. Sehingga guru tersebut harus benar-benar dapat digugu dan ditiru dalam arti dapat selalu diidolakan oleh peserta didik bahkan lebih jauh dapat melegenda dihati peserta didik. Bukan guru yang diartikan dengan wagu dan saru.

Kompetensi Paedagogis

Pengertian dari kompetensi Paedagogis adalah kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Termasuk dalam hal ini adalah pemahaman peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengembangan pendidikan yang didalamnya menyangkut:

1. Aspek potensi peserta didik.

2. Teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran, kompetensi dan isi pembelajaran serta perancangan pembelajaran.

3. Menata latar dan melaksanakan

4. Assesmen proses dan hasil.

5. Pengembangan akademik dan non akademik

Kompetensi Kepribadian

Pengertian kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif , dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik sehingga harus benar-benar menjadi manusia dewasa. Seorang dikatakan mempunyai kompetensi kepribadian apabila :

1. Memiliki norma hukum dan sosial serta selalu merasa bangga dan konsisten pada norma tersebut.

2. Memiliki sifat mandiri dan memiliki etos kerja

3. Berpengaruh positip dan disegani

4. Memiliki norma religius dan diteladani.

5. Senantiasa jujur dalam bertindak

Kompetensi Profesional

Pengertian dari kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam, dalam hal ini dituntut untuk menguasai keilmuan bidang studi; dan langkah kajian kritis pendalaman isi bidang studi. Seorang dikatakan memiliki kompetensi profesional apabila :

1. Memahami materi, struktur, konsep, metode keilmuan yang menaungi, dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari

2. Memahami metode pengembangan ilmu, telaah kritis, kreatif dan inovatif terhadap bidang studi.

Kompetensi Sosial

Pengertian dari kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua / wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Seorang yang mempunyai kompetensi sosial senantiasa berpenampilan menarik, empati, kolaboratif, suka menolong, menjadi panutan, komunikatif dan kooperatif.

Dengan menguasai kompetensi-kompetensi tersebut maka sudah pasti bahwa guru tersebut akan dapat melegenda, artinya akan senantiasa diidolakan oleh setiap peserta didik pada masa apapun. Atau ringkas kata , bahwa guru yang menginkan dirinya untuk melegenda bagi setiap peserta didiknya haruslah menguasai 8 K, yaitu mengajar dengan :

1. Kasih Sayang

2. Kepedulian

3. Kesabaran

4. Kreativitas

5. Kerendahan Hati

6. Kebijaksanaan

7. Komitmen

8. Kejujuran

Referensi :

1. Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

2. Materi Seminar Pendidikan ( Kuliah tamu ) dari Sekretaris Direktur PMPTK di Magister Sistem Teknik Fakultas Teknik Mesin Universitas Gajah Mada

Oleh : Drs. Toto Subagyo

Pengajar SMK N 1 Mojosongo.

(Ketua PGRI Cabang Mojosongo,

Kabupaten Boyolali)

BIODATA PENULIS

Nama : Drs. Toto Subagyo

Tempat Lahir : Boyolali

Tanggal lahir : 6 Juni 1964

Tempat Kerja : Guru SMK N 1

Mojosongo, Boyolali.

Alamat : Perum Mojosongo

Permai B 24 RT 01 / RW

XI Mojosongo, Boyolali.

Telp(0276) 324348

HP 08886758906/

081329102132